TEKNIK ELEKTRO

TEKNIK ELEKTRO

Teknik listrik atau teknik elektro adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Perkembangan teknologi semakin berkembang makan semakin besar pula lapangan kerja untuk teknik elektro. Pekerjaan yang dapat dikerjaan oleh jurusan ini adalah teknik telekomunikasi, teknisi radar, sonar dan navigasi, teknisi frekuensi radio dan microwave, teknisi selular, teknisi network system dan masih banyak lagi. Lulusan teknik elektro sendiri pula bisa bekerja sebagai tenaga pendidik, pegawai negeri yang bekerja di bidang energi dan sumber daya mineral, BUMN seperti Perusahaan Listrik Negara, Indonesia Power, Pertamina Geothermal, PT Telkom, Telkomsel dan lain-lain, untuk sektor swasta seperti Telkomsel, Indosat, Kominfo, Telkom, XL Axiata, dan lain-lain, bisa pula membuka wirausaha sendiri. Saya memilih jurusan Teknik Elektro disebabkan karena faktor diatas, yaitu mudahnya mencari pekerjaan setelah lulus. Lulusan Universitas Telkom ini sudah dicari oleh banyak perusahan, dimulai dari perusahaan negeri, swasta ataupun Telkom itu sendiri.
Saya telah mencari universitas-universitas mana saja yang memiliki jurusan teknik elektro dengan pembelajaran studi dan praktik juga prospek kerja yang mudah. Setelah saya cari referensi, untuk jurusan teknik elektro yang cocok dengan harapan saya tadi terjawab, yaitu Universitas Telkom. Teknik elektro di Universitas Telkom ini telah mendapat akreditasi A oleh BANPT dan setelah lulus pun kita akan dicari oleh perusahaan-perusahaan, bahkan kita hanya duduk manis dan menunggu surat pemanggilan kerja datang. Universitas Telkom memiliki lab riset APTRG dan INACOS yang benar-benar keren, menarik minat para mahasiswa. APTRG atau Aeromodelling and Payload Telemetry Reserch Group adalah sebuah riset grup yang bergerak di bidang aeromodelling dan payload telemetri yang dapat menjadi sistem monitoring udara mencakup control sistem, aerorobotik, dan image vision dengan interfacing computer. INACOS atau Information And Autonomous Control System adalah riset grup yang membuat proyek mobil listrik. Proyek mobil listrik INACOS merupakan proyek yang didirikan untuk riset mobil dengan energi listrik sebagai energi utamanya dan motor listrik sebagai penggerak utamanya.
Teknik elektro Universitas Telkom memiliki 3 konsentrasi, yaitu teknik elektronika, teknik kendali/sistem control, dan teknik biomedis. Teknik biomedis mempelajari tentang instrumentasi elektronik di bidang biomedis, teknik elektronika mempelajari tentang seluk beluk komponen elektronika dan teknik sistem control mempelajari tentang sistem otomasi dan robotic. Teknik elektro disini juga memiliki organisasi, yaitu Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE).

Komentar

Postingan Populer