PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Teknologi saat ini sangat membantu pekerjaan kehidupan sehari-hari kita, dimulai dari hal kecil hingga menyelamatkan nyawa manusia. Tapi tidak dengan kehidupan zaman sebelum adanya teknologi secuil pun.
1.      Zaman batu
Pada zaman ini aktifitas manusia hanya berburu dan meramu dan hidupnya pun belum menetap. Mereka menggunakan peralatan apa adanya, seperti batu dan tulang untuk bertahan hidup. Pada zaman ini perkakas yang ditemukan adalah kapak genggam atau kapak perimbas.
2.      Zaman perunggu
Zaman ini adalah awal logam digunakan untuk kepentingan kehidupan manusia. Benda yang dihasilkan adalah kapak corong, pedang, nekara, arca, bejana perunggu dan lain sebagainya. Teknik pengolahan perunggu ada 2 macam, yaitu teknik a cire perdue dan teknik bivalve.
3.      Zaman besi
Secara umum teknik pengolahan besi serupa dengan perunggu, hanya saja perkakas yang digunakan besi lebih kuat dari perunggu. Artefak paling awal terbuat dari besi adalah berupa sembilan manik-manik di Gerzeh, Mesir.
4.      Teknologi abad pertengahan hingga awal era modern
Ilmuwan pada masa peradaban islam membuat kalender atau tabel akurat untuk memprediksi fenomena astronomi seperti gerhana dan pergerakan planet. Pada abad ini pula aljabar dikembangkan serta buku Ibnu Sina dijadikan standar pembelajaran medis. Pada abad ini baju zirah lempeng, busur silang dan Meriam dibuat. Mesin cetak ditemukan dan merupakan salah satu penemuan terpenting pada masa ini.
5.      Teknologi pada revolusi industry
Ditemukannya mesin uap oleh James Watt dan pemanfaatan batu bara menjadi tonggak awal revolusi industry. Temuan lainnya adalah sepeda, mesin tenun, cottongin, mesin uap, telegraf dan telepon, dan mobil.
6.      Teknologi abad 20
Mekanika kuantum ditemukan pada abad ini dan penemuan bom atom. Penemuan transistor yang dianggap sebagai salah satu temuan terpenting manusia yang nantinya akan mengubah computer jauh lebih kecil dari semula. Pada masa ini pula manusia pertama kali mendarat di bulan. Penemuan DNA pada masa ini membuka babap baru dari ilmu genetiik. Penemuan vaksinasi juga sangat berpengaruh pada perkembangan umat manusia, karena dengan ini umat manusia dapat bertambah hingga sekitar tiga kali lipat dalam waktu kurang dari satu abad. Pada akhir abad ke 20, internet mulai diperkenalkan untuk kepentingan sipil dan komersial, arus informasi pun bertukar dengan sangat cepat apalagi setelah diperkenalkannya telepon genggam. Selain itu, peralatan rumah tangga seperti kulkas, pembersih vakum, dan microwave ditemukan pada abad ini.
7.      Teknologi abad 21
Abad ke 21 disebut juga abad digital, karena penggunaan pemanfaatan digital dimana-mana. Ukuran transistor yang dapaat diperkecil hingga berorde nanometer membuat perangkat dapat diintegrasikan dengan computer dan internet. Keberhasilan teknologi dibidang antariksa antara lain:
1.      Pendaratan robot explorasi di Mars
2.      Penemuan air di bulan
3.      Penemuan air di planet Mars
4.      Pendaratan pertama pesawat antariksa di komet
5.      Penemuan tujuh planet layak huni di luar tata surya
Keberhasilan teknologi dibidang fisika, antara lain:
1.      Penemuan partikel Higgs-boson
2.      Penemuan umur alam semesta menjadi 13,8 milyar tahun
3.      Terdeteksi gelombang gravitasi sesuai teori relativitas umum Einstein
Keberhasilan teknologi dibidang medis, antara lain:
1.      Pembentukan DNA buatan
2.      Penyelesaian proyek genom manusia
3.      Pengembangan vaksin kanker serviks
Keberhasilan teknologi dibidang teknologi infprmasi, antara lain:
1.      Pengembangan tekologi layar sentuh
2.      Jaringan 3G dan 4G LTE
3.      Pengaplikasian internet disegala bidang

Komentar

Postingan Populer